a. Pengertian Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan seni dan ilmu memilih pasar sasaran, mendapatkan, menjaga, dan menumbuhkan pelanggan dengan menciptakan, menyerahkan, serta mengomunikasikan nilai unggul kepada pelanggan. Menurut Kotler dan Amstrong bahwa manajemen pemasaran merupakan suatu proses untuk memberikan nilai kepada konsumen dan membangun hubungan yang erat dengan konsumen dengan cara yang menguntungkan. Menurut Stanton menyatakan bahwa manajemen pemasaran adalah sarana yang didayagunakan oleh bisnis untuk menjalankan konsep pemasaran. Dalam manajemen pemasaran untuk mencapai hasil yang diinginkan pada pasar yang dituju, maka kegiatan pemasaran harus dijalankan atas dasar falsafah pemikiran dari pemasaran yang bertanggung jawab. Dari perkembangan falsafah pemikiran tentang pemasaran ada enam konsep yang mendasari pendekatan yang terdapat dalam manajemen pemasaran. Konsep pemasaran adalah dasar pemikiran bagaimana caranya aktivitas pemasaran dapat dilaksanakan berdasarkan suatu filsafat, yang mengungkap pemasaran yang tanggap dan beranggung jawab. Menurut Sofjan Assauri bahwa penjabaran mengenai konsep pemasaran, yaitu:
1. Konsep Produksi
Konsep produksi adalah suatu orientasi manajemen yang menganggap bahwa konsumen akan menyenangi produk-produk yang telah tersedia dan dapat dibeli. Oleh karena itu tugas utama manajemen adalah mengadakan perbaikan dalam produksi dan distribusi sehingga lebih efisien.
2. Konsep Produk
Konsep produk merupakan orientasi manajemen yang menganggap konsumen akan lebih tertarik pada produk-produk yang ditawarkan dengan mutu yang terbaik pada tingkat harga tertentu.
3. Konsep penjualan
Konsep penjualan adalah orientasi manajemen yang menganggap konsumen akan melakukan atau tidak melakukan pembelian produk didasarakan atas pertimbangan usaha-usaha nyata yang dilakukan untuk mengunggah atau mendorong minat akan produk tersebut.
4. Konsep pemasaran
Konsep pemasaran merupakan orientasi manajemen yang menekankan bahwa kunci pencapian tujuan organisasi terdiri dari kemampuan organisasi menentukan kebutuhan dan keinginan pasar yang dituju dengan kemampuan organisasi tersebut memenuhinya dengan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan lebih efisien.
5. Konsep pemasaran kemasyarakatan
Pada konsep ini manajer tidak hanya berupaya memenuhi kepuasan pelanggan dan tercapainya tujun. Konsep pemasaran kemasyarakatan adalah suatu orientasi manajemen yang menekankan bahwa tugas utama dalam pemasaran adalah menentukan kebutuhan, keinginan dan kepentingan dari pasar yang dituju dan mengusahakan agar dapat menyerahkan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaingnya dalam meningkatkan dan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat.
6. Konsep pemasaran global
Dalam konsep ini manajer berupaya memahami semua faktor-faktor lingkungan yang memengaruhi pemasaran melalui manajemen strategiknya yang baik
No comments:
Post a Comment