Model pembelajaran
biasanya disusun berdasarkan berbagai prinsip atau teori pengetahuan. Para ahli
menyusun model pembelajaran berdasarkan prisip-prinsip pembelajaran. Model
pembelajaran adalah suatu rencana atau pola yang dapat digunakan untuk
membentuk kurikulum, merancang bahan-bahan, dan membimbing pembelajaran di
kelas atau yang lain (Rusman, 2015:132-133).
Model pembelajaran Discovery Learning merupakan model pembelajaran berbasis penemuan.
Menurut Hamalik (Takdir, 2012:29) menyatakan bahwa discovery adalah
porses pembelajaran yang menitikberatkan pada mental intelektual para anak
didik dalam memecahkan berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan
suatu konsep atau generalisasi yang dapat ditetapkan di lapangan.
Menurut Hosnan (2014: 282) Discovery Learning adalah belajar untuk menemukan, dimana seorang
siswa dihadapkan dengan suatu masalah atau situasi yang tampaknya ganjil
sehingga siswa dapat mencari jalan pemecahan secara individu ataupun kelompok
sehingga hasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan.
Model Discovery
Learning berusaha meletakkan dasar dan mengembangkan cara berpikir ilmiah,
murid ditempatkan sebagai subjek yang belajar, peranan guru dalam model Discovery Learning adalah pembimbing belajar
dan fasilitator belajar.
Menurut Budiningsih (2015:43) model Discovery
Learning
adalah
memahami
konsep,
arti,
dan
hubungan, melalui proses intuitif untuk akhirnya sampai kepada suatu
kesimpulan.
Menurut Sani (2015: 97), menyatakan bahwa pembelajaran Discovery
Learning merupakan metode pembelajaran kognitif yang menuntut guru lebih
kreatif menciptakan situasi yang dapat membuat peserta didik belajar aktif
menemukan pengetahuan sendiri. Dalam model pembelajara Discovery Learning bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk akhir,
siswa dituntut untuk melakukan berbagai kegiatan menghimpun informasi, membandingkan, mengkategorikan,
menganalisis, mengintegrasikan, mereorganisasikan bahan serta membuat kesimpulan.
Berdasarkan pendapat para ahli di atas,
peneliti menyimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning adalah proses pembelajaran yang menuntut siswa
menemukan suatu konsep yang belum diketahui sebelumnya dengan cara melakukan
suatu pengamatan dan penelitian dari masalah yang diberikan oleh guru yang
bertujuan agar siswa berperan sebagai subjek belajar terlibat
secara aktif dalam pembelajaran di kelas.
No comments:
Post a Comment