Kreativitas menurut Moslow sebagai ciri universal pada semua orang yang
mengaktualisasikan diri dan sifat manusiawi yang penuh sifat-sifat yang
dikaitkan dengan kreativitas adalah fleksibilitas, spontanitas, keberanian,
berani membuat kesalahan, keterbukaan, kerendahan hati. Moslow menghargai
kreativitas anak begitu tinggi sehingga kreativitas menjadi salah satu ciri
orang-orang yang mencapai aktualitas diri (dalam Globe, 1987:53-54).
Kreativitas menurut Komite Penasehat Nasional di Bidang Pendidikan
Kreatif dan Pendidikan Budaya, menggambarkan sebagai bentuk aktivitas
imajinatif yang menghasilkan sesuatu yang bersifat original, murni, asli dan
bermakna (Craff, 2004:1).
Kreativitas menurut Beetlestone pada tahun 1998 dan Nacce pada tahun 1999
menyatakan bahwa kreativitas merupakan sebuah bentuk pembelajaran.
Kreativitas yang dikemukakan para ahli dan merupakan kesimpulan dari pengertian
kreativitas yaitu sebagai kemampuan seseorang untuk mengolah unsur-unsur yang
sudah ada menjadi sesuatu yang orisinil.
Kreativitas ada pada setiap orang sejak dilahirkan, dan kita mengenal
adanya berbagai variasi tingkat kreativitas.
Kreativitas disebabkan oleh pengaruh lingkungan tempat seseorang
dibesarkan oleh pengaruh lingkungan yang memancing kreativitasnya, maka ia akan
menjadi kreatif maka sebaliknya anak yang dibesarkan dalam lingkungan yang
menekan dan menghambat berkembangnya kreativitas maka ia tidak akan menjadi
orang yang kreatif.
No comments:
Post a Comment