Materi Pokok : faktor sebaran flora dan fauna
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. mengenal dan memahami konsep-konsep yang berkaitan dengan flora
dan fauna
2.
menganalisis faktor-faktor yang
memengaruhi sebaran flora
3. menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi sebaran fauna.
4.
berpikir logis, kritis, rasa ingin
tahu, kolaboratif dan terampil memahami fenomena geografi di lingkungannya
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan Pendahuluan (20’)
1. Memberi salam, berdo’a dan membuat
suasana belajar yang menyenangkan ;
2.
menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai
3. menyampaikan garis besar cakupan materi dan kegiatan
yang akan dilakukan ;
4.
menyampaikan lingkup dan teknik
penilaian yang akan digunakan .
Kegiatan Inti (100’)
1. Peserta didik diberikan stimulant berupa gambar tentang faktor
sebaran flora dan fauna
2.
Setelah melihat gambar,
peserta didik mengajukan pertanyaan-pertanyaan
3. Peserta didik dibagi ke dalam 5 kelompok dengan 5 tema sesuai
kelompok pertanyaan
4. Setiap kelompok mencari penjelasan sesuai tema pada buku teks,
modul dan internet
5. Setiap kelompok membuat ringkasan dari diskusi kelompok
6. Setiap kelompok membuat presentasi dalam power point memuat
materi dan klasifikasi/Gambar/ Video dan Kesimpulan
7. Hasil kerja kelompok dipresentasikan, kelompok lain memberi
tanggapan
8. Guru menyelaraskan kesimpulan dan materi setelah presentasi
setiap kelompok
Kegiatan Penutup (15’)
1. membuat rangkuman/simpulan pelajaran ;
2.
melakukan refleksi terhadap
kegiatan yang sudah dilaksanakan ;
3. Memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran ;
4. mempersiapkan diri untuk materi yang akan datang
C.
PENILAIAN
Penilaian
Sikap :
Observasi keaktifan dalam daring
Pengetahuan : Tes Tertulis,
Mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan faktor sebaran flora dan fauna
Keterampilan : Unjuk kerja
dalam presentasi dan tanggapan
No comments:
Post a Comment