Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Thursday, May 26, 2022

Strategi Pelaksanaan Pembelajaran Menggunakan Kartu Huruf



a. Komponen-komponen Pembelajaran

1)   Kartu Huruf

Media yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah kartu huruf yang terdiri dari beberapa jenis. Ada kartu huruf yang menunjukkan huruf saja, ada kartu huruf dengan gambar dan lain-lain.

2)   Guru

Mengorganisir dan memotivasi anak-anak untuk melakukan kegiatan yang telah direncanakan dan melaksanakan kegiatannya.

3)   Anak-anak

Anak-anak dan guru berinteraksi dengan melakukan kegiatan dengan menggunakan media kartu huruf. Anak-anak dan guru memberi respon dalam berbagai cara (fisik, bernyanyi, menebak, dll)

b.  Strategi Pengaturan Ruangan/Kelas

        Agar pembelajaran berlangsung optimal, maka perlu ditunjang oleh ruang belajar yang menyenangkan sehingga perlu memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

1)   Ruangan selalu bersih

2)   Pada waktu mengikuti kegiatan pembelajaran dapat duduk di lantai beralas tikar atau karpet.

3)   Posisi guru dekat dengan anak,  Posisi anak membentuk kelompok lingkaran.

4)   Perabot dalam ruangan supaya ditata dengan rapi agar mewujudkan rasa aman dan menyenangkan.

5)   Ruang kelas berventilasi, sehingga memungkinkan terjadinya sirkulasi udara yang baik. Udara yang bersih dibutuhkan bagi tubuh. Kekurangan oksigen akan berakibat pusing, lemas, pernafasan terganggu.

6)   Jagalah agar suhu udara dalam ruangan tidak terlalu dingin atau panas. Suhu ideal dalam belajar antara 18-230C. Jika tidak ada alat pengatur suhu dalam ruangan, maka cara sederhana yang dianjurkan adalah bukalah semua jendela untuk menjaga kestabilan ruangan.

7)   Ruang kelas cukup luas dan kalau bisa kedap suara agar tidak mengganggu kelas lain.

c. Pengorganisasian Anak Didik


            Kegiatan pembelajaran menggunakan media kartu huruf dilaksanakan dalam bentuk klasikal, artinya kegiatan yang dilakukan oleh seluruh anak dalam satu kelas, dalam satu satuan waktu dengan kegiatan yang sama. Dalam kegiatan klasikal ini teknik yang digunakan hendaknya komprehensif seperti bernyanyi, bercerita, menggerakkan badan, mendemonstrasikan, menyimak, melakukan instruksi baik dari guru, dan lain-lain.

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts