Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Monday, December 27, 2021

Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini


 Salah satu kegiatan bermain dan belajar anak adalah kegiatan mencampur warna. Kegiatan mencampur warna sebagai sebuah proses pembelajaran bagi anak PAUD untuk mengenal dan memahami jenis warna yang ada, mulai dari warna-warna dasar yang sederhana hingga warna dari hasil campuran komposisi warna yang rumit.

Sebagai langkah awal dalam mengajarkan anak tentang warna adalah mengajarkan konsep-konsep sederhana dari warna itu sendiri. Perkenalkan anak dengan warna dasar dari sejumlah warna yang tersedia seperti :

1.  Warna Primer:  Merah (seperti darah), Biru (seperti langit atau laut), Kuning (seperti kuning telur).

2.  Warna Skunder: Hijau, Ungu, Jingga atau orange

3.  Warna Tersier: aquamarine, chartreuse, marigold, vermilion, magenta, violet.

4.   Warna Pigmen: azure, violet, fuchsia, jingga, chartreuse, aquamarine.

Secara sederhana Rumus campuran warna diatas dapat dijelaskan sebagai berikut :

Merah, Kuning Biru yang disebut sebagai warna primer. Campuran dua warna primer menghasilkan warna sekunder. Campuran warna sekunder dengan warna primer menghasilkan warna tertier. Sedangkan Warna Pigmen adalah pengembangan lebih jauh dari warna-warna Tersier ke arah warna-warna cahaya.

Dalam langkah memperkenalkan warna di atas untuk anak PAUD mulai dari usia 2 - 5 tahun dapat diperkenalkan kombinasi dari warna Primer dan Skunder. Hingga pada anak di Usia 6 tahun ke atas dapat diperkenalkan kombinasi warna Tersier dan Warna Pigmen yang lebih sulit.

Setelah guru dan pendidik memahami teori-teori campuran warna seperti di atas, maka dapat dilakukan kegiatan mencampur warna bagi anak-anak PAUD. Dimulai dari mencampur tiga warna primer untuk mengetahui warna-warna skunder. Anak didik diarahkan untuk mengetahui pencapaian warna skunder dengan mengukur dan menakar bahan campuran yangdisediakan. Campuran warna yang dilakukan adalah :

1. Biru dicampur Kuning menjadi Hijau

2. Biru dicampur merah menjadi Ungu

3. Kuning dicampur merah menjadi Jingga atau orange

4. Merah dicampur hijau menjadi kuning

5. Merah dicampur biru menjadi magenta

6. Hijau dicampur biru menjadi cyan.

Untuk kegiatan mencampur warna bagi anak PAUD ini Alat dan bahan yang digunakan:

a.       Krayon/pensil warna, cat air

b.      Kertas

Kegiatan yang dilakukan :

-          Anak memberikan warna pada bentuk di kertas yang telah disediakan

-          Warna yang diberikan terdiri dari dua warna pada masing-masing kertas

-          Pada bidang perpotongannya akan terbentuk warna baru, hasil pencampuran dua warna yang ada disekitarnya

-           Pada saat kegiatan mencampur warna dilaksanakan harus memperhatikan hal berikut:

·         Ingat kegiatan mencampur warna adalah kegiatan bermain yang melibatkan proses belajar warna bagi anak.

·         Jangan lupa berikan motivasi, dan pujian kepada anak yang telah mencapai pewarnaan yang sesuai denganpetunjuk yang diberikan.  

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts