Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Saturday, September 30, 2023

Evaluasi Jabatan

 Evaluasi Jabatan

Job evaluation atau evaluasi jabatan merupakan proses sistematis untuk menentukan nilai relatif atau ukuran dari sebuah pekerjaan dalam organisasi yang bertujuan untuk membangun relativitas internal dan menyediakan dasar untuk perancangan tingkatan kerja, struktur gaji atau upah yang adil, penilaian kerja secara struktural dan mengelola relativitas (Andriani, 2017). Evaluasi jabatan bukan pekerjaan yang ilmiah tetapi pekerjaan yang sifatnya memberi penilaian. Agar proses evaluasi jabatan dapat berfungsi dengan efektif, sangat penting bagi sebuah kelompok evaluator untuk mencapai pemahaman bersama tentang sebuah jabatan, dapat melalui diskusi, mencapai kesepakatan pandangan berdasarkan evalusi dari jabatan tersebut. Kesepakatan pandangan lebih lanjut sangat diperlukan untuk mencapai keseluruhan standar nilai yang ingin dicapai dari semua jenis jabatan yang telah dievaluasi (Hay Group, 2003).

Dalam arti yang lebih sederhana, evaluasi jabatan adalah proses menentukan secara sistematis suatu nilai relatif antar jabatan dalam suatu organisasi atau perusahaan. Proses ini menyediakan suatu dasar/pondasi dalam menentukan reward dan struktur penggajian yang rasional. Tujuannya adalah menilai suatu jabatan untuk mencapai dan menjaga distribusi gaji yang adil sesuai dengan level posisi jabatannya (Hay Group, 2003).

2.1.3 Prinsip Evaluasi

Terdapat beberapa peraturan dasar yang dapat diaplikasikan untuk evaluasi jabatan secara umum dan penting untuk diikuti agar terbentuk set relatif yang realistis dan kredibel dalam organisasi manapun. Peraturan tersebut adalah:

1. Evaluasi Jabatan bukan Orangnya: Fokusnya adalah dengan jabatan, tidak dengan individu pemegang jabatan.

2. Asumsi Standar, Kinerja Jabatan yang Dapat Diterima: Evaluasi diasumsikan standar, kinerja yang dapat diterima dari semua aspek jabatan seperti yang ditulis dalam uraian jabatan. Dalam kata lain, diasumsikan jabatan itu dilakukan dengan penuh dan efisien.

3. Periksa Jabatan Saat Ini: Evaluasilah jabatan seperti yang ada sekarang, bukan karena memikirkan kemungkinan di masa depan atau dengan mengacu pada masa lalu.

4. Evaluasilah Konten (Isi) Jabatan: Abaikan level gaji yang ada, status yang dirasakan, dll. dari masing-masing pemegang jabatan saat mengevaluasi jabatan (Hay Group, 2003).


No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts