Beranda

Welcome

Selamat Datang di Blog Sarana Informasi ...... Welcome on this blog...benvenuti nel nostro blog..bienvenue sur notre blog...Willkommen in unserem Blog... bienvenido a nuestro blog...... 블로그에 오신 것을 환영합니다 beullogeue osin geos-eul hwan-yeonghabnida....

Wednesday, October 13, 2021

soal KOmpetensi Manajerial dan Sosial Budaya

 

KOMPETENSI MANAJERIAL

1.     Teman anda berbuat curang ketika sedang melaksanakan ujian,semester maka Anda ...

A.      Biasa saja

B.     Hal ini sudah jadi kebiaasaan di kelas kami

C.     Diam saja sebab Saya juga ikut melakukannya

D.      Mengingatkannya dan Melaporkannya kepada teman-teman yang lain

E.     Tidak ingin terlibat dalam berbuat curang tersebut

 

2.     Bagi saya sekolah adalah ...

A.     Kewajiban                        B. Kebutuhan                       C. Mencari ilmu                    D. Tugas               E. Beribadah

 

3.     Saya ditugaskan pimpinan untuk menjadi moderator dalam acara ulang tahun di kantor saya. Respon saya adalah...

A.      Menerima berharap jabatan saya cepat dinaikkan

B.      Menerima asalkan ada tambahan bonus yang di berikan

C.      Menolak ,karena saya takut malu kalau berbicara di depan umum

D.      Menerima dengan Pasrah

E.      Menolak karena ini bukan tugas saya

 

4.  Tahun ini akan ada kompetisi dalam bidang yang saya senangi, maka saya

A.      Tidak perduli

B.      Saya tidak mengikuti,karena lawannya pasti kuat

C.     Ikutin saja,kalah menang urusan belakang

D.      Ikut kama saya yakin lawannya mudah

E.     lkut saja karna panitianya saudara saya

 

5.     Ketika ingin mencapai suatu kesuksesan, saya ...

A.      Berdiam diri

B.     Menenangkan diri

C.     Meminta bantuan teman terdekat

D.     Mempersiapkan diri agar memenangkan persaingan

E.     Mencoba terus menerus

 

6.     Ketika diberi tugas individu pekerjaan rumah oleh guru, yang saya lakukan adalah ...

A.      Langsung mengerjakannya                                         D. Mengerjakan sampai hari H

B.      Mengajak teman kerja kelompok                                 E. Menyuruh teman yang mengerjakan

C.    Mengerjakannya di sekolah

 

7.     Menurut saya organisasi itu adalah ...

A.      Bisa merusak kinerja                                                   D. Memperlambat menyelesaikan studi

B.      Wadah untuk mengembangkan kualias diri  E. Membuat kita lebih di segani dan di takuti

C.    Membuat ternan semangkin banyak

 

8.     Saya di tugaskan pimpinan untuk mewakili sementara dalam rapat dengan tamu,pada saat pada saat itu ada tamu yang pimpinan yang memerlukan keputusan segera, maka saya ...

A.      Menunda pengambilan keputusan tanpa petunjuk atasan saya

B.      Tidak berani mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan

C.     Ragu ragu dalam mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan saya

D.     Mengambil keputusan meskipun tanpa petunjuk atasan selama tidak bertentangan dengan kebijakan umum

E.     Mengambil keputusan tanpa petunjuk atasan

 

9.     Perusahaan sedang mengalami masalah defisit keuangan, maka saya ...

A.      Tidak mau tahu                                                            D. Bukan urusan saya

B.      Saya tetap bekerja seperti sediakala                           E. Keluar dari perusahaan

C.    Mencari tahu sumber masalah

 

10.  Saya sering datang pertama ke sekolah di banding teman-teman satu kelas saya,yang saya lakukan setelah tiba disekolah adalah ...

A.      Masuk keruangan dan membahas pelajaran untuk hari ini

B.      Masuk ke kelas sekaligus membersihkan bangku sendiri

C.     Duduk-duduk santai depan kelas sambil menunggu teman-teman

D.      Bermain game online

E.     Membersihkan meja guru

 

11.  Saya memiliki teman satu tim dengan kompetensi rendah, maka ...

A.      Saya menuntutnya untuk meningkatkan kemampuannya

B.      Saya akan memberhentikannya dan tim

C.     Saya tidak memperdulikannya

D.      Saya membimbing dan memintanya untuk meningkatkan kemampuan

E.     Saya tidak mau ambil pusing gimanapun kemampuannya.

 

12.  Menurut teman-teman,saya ini orangnya ...

A.      Ambisi yang rendah                                                     D. Cukup pintar

B.      Sering lupa akan sesuatu                                            E Saya memikirkan hal yang gak penting

 

13.    Ketika saya dalam masalah, maka saya ...

A.      Meminta bantuan teman

B.      Langsung melampiaskan kepada orang sekitar

C.     Santai saja

D.      Menghadapi dengan pikiran yang positif

E.     Saya berharap ada orang lain yang membantu saya dalam masalah ini

 

14. Menghadapi masalah yang rumit menurut Saya adalah ...

A.      Saya berusaha sekuat mungkin untuk menyelesaikannya

B.      Saya menganggap ini hal yang biasa terjadi

C.     Saya meminta bantuan dari pihak lain

D.      Saya tidak mau mencobanya

E.     Saya berani mencoba setelan pertimbangan risikonya

 

15. Dalam melaksanakan tugas kantor yang di berikan pimpinan. ...

A.      Saya menyadari bahwa keputusan pimpinan selalu di perlukan

B.      Saya mengambil keputusan sendin

C.     Selalu menunggu keputusan atasan

D.      Tidak berani mengambil keputusan

E.     Berani mengambil keputusan karena tugas tersebut sudah dipercayakan kepada saya.

16. Saya telah mempersiapkan diri sebelum melakukan presentasi di kantor besok ...

A.      saya tidak peduli apapun yang tenadi

B.      saya pasrah jika saya gagal

C.     saya yakin presentasi saya besok berjalan dengan baik,namun saya tetap mematangkan diri dengan maksimal

D.      saya yakin ini hal yang mudah

E.     saya yakin berhasil karena sudah biasa saya lakukannya.

 

17. Jika ada karyawan baru di kantor saya, maka ...

A.      Saya tidak peduli

B.      Saya tidak mau mengganggunya

C.     Saya akan memperkenalkan din terlebih dahulu

D.      Saya berharap dia menyapa saya pertama kali

E.     Saya diam saja,karena dia karyawan baru

 

18.    Di kantor anda, anda menemukan beberapa inventaris kantor yang rusak dan hanya anda yang mengetahuinya. Bagaimana sikap anda?

a.       Saya diam saja, karena saya bisa dituduh sebagai pelaku kalau melapor

b.       Saya akan memberitahu rekan saya

c.       Saya selidiki siapa yang melakukan pengerusakan itu

d.       Melapor ke bagian perlengkapan agar ditindaklanjuti

e.       Karena saya sedang sibuk, nanti saja dipikirkan

 

19.    Kata rekan-rekan saya, tipe saya adalah

a.      Orang yang memiliki ketekunan yang tidak begitu baik pada pekerjaan yang teratur

b.      Sedikit mudah teralihkan perhatiannya

c.       Pada pekerjaan tertentu saya mampu menyelesaikannya dengan baik

d.      Terkadang bosan dengan pekerjaan

e.      Sering marah terhadap masalah yang dihadapi

 

20.    Bagi saya atasan yang kurang baik adalah atasan yang....

a.      Berharap saya mampu menyelesaikan pekerjaan tanpa berkonsultasi kepadanya dan dia tidak mau mernbantu saya dalarn penyelesaian tugas tersebut

b.       Sering memberi petunjuk yang jelas atas pekerjaan yang dia sampaikan

c.       Sangat disiplin dan selalu meminta saya menunggu keputusannya sebelum pekerjaan dilaksanakan

d.       Selalu mendelegasikan wewenang-wewenangnya kepada saya

e.       Sering menanyakan pendapat dan ide saya untuk pertimbangan pekerjaannya

 

21.    Demi kelancaran acara esok hari, divisi saya diminta kerja lembur, padahal saya sudah berjanji untuk mengantar ibu saya ke dokter. Yang seharusnya saya lakukanadalah....

a.       Pulang dan teman-teman tidak mengetahuinya

b.       Pulang lebih cepat dengan pura-pura sakit

c.       Mencoba menghubungi ibu saya dan mengatakan saya akan sedikit terlambat

d.       Lembur sampai pekerjaan selesai

e.       Merninta izin kepada atasan untuk rnenganter ibu saya sebentar lalu kembali kerja

 

22.    Menurut saya semakin sulitnya orang-orang mencari kerja saat ini disebabkan oleh....

a.      Karena banyaknya pengangguran akhir-akhir ini

b.      Jumlah penduduk yang banyak dan kurangnya tenaga ahli

c.       Informasi yang sulit diakses

d.      Terjadi kesenjangan antara permintaan dan penawaran kerja

e.      Karena semua orang ingin menjadi karyawan

 

23.    Saat anda dituduh dan dimarahi oleh atasan sedangkan hal tersebut tidak sesuai dengan keadaan sebenamya, yang akan anda lakukan adalah

a.       Menanggapi pertanyaan dari siapapun tentang isu isu tersebut

b.      Saya akan berusaha menemukan penyebar isu itu dan membuat perhitungan dengannya

c.       Saya akan membiarkannya saja karena nanti juga akan hilang dengan sendirinya

d.       Berusaha menjelaskan keadaaan yang sebenarnya

e.       Meminta pertimbangan teman dekat saya

 

24.    Saat harus menyelesaikan persoalan tertentu biasanya saya....

a.       Tetap berpusat pada persoalan jika gangguan relative kecil dan tidak berarti

b.       Mudah beralih pada hal lain karena gangguan yang sedikit saja

c.       Terpusat pada hal yang harus dipecahkan apapun gangguannya

d.       Mudah beralih tanpa sebab

e.       Mudah beralih pada hal lain karena sebab yang sangat mengganggu

 

25.    Untuk mencapai tujuan kelompok yang telah ditetapkan, maka saya..

a.       Tidak rnempermasalahkan apakah orang lain mau bekerja dengan baik atau tidak

b.       Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika diperlukan

c.       Mendorong orang lain untuk bekerja dengan baik jika situasi memungkinkan

d.       Menstimulasi orang lain untuk mau bekerja dengan baik

e.       Mengajak orang lain bersama-sama untuk bekerja dengan baik

 

 

 

SOSIO BUDAYA

 

1.     Karyawan baru itu ternyata tidak bersikap baik dan tidak peduli dengan rekan kerja yang lainnya

A.     Hal itu sudah tanggung jawab atasan

B.     Saya akan laporkan kepada pihak SDM

C.     Sayapun tidak mau bersikap baik dan tidak peduli terhadapnya

D.     Saya ingatkan dengan baik-baik agar dia bersikap ramah kepada rekan yang lain

E.    Saya tidak ambil pusing karena itu bukan bagian dari urusan saya

 

2.     Jika ada rekan kerja saya yang berbuat jahat kepada saya

A.     Memukulnya

B.     Membalas balik perbuatannya

C.     Memakluminya

D.     Memaafkannya asal dia minta maaf terlebih dahulu

E.    Mengingatkan dan menasehatinya

 

3.     Teman anda mengalami kecelakaan lalu lintas dan masuk rumah sakit.

A.     Saya percaya pihak rumah sakit bisa menanggulanginya

B.     Saya akan menjenguknya

C.     Saya berharap semoga lekas sembuh

D.     Saya akan menanyakan apakah kondisinya parah

E.    Saya akan menjenguknya jika waktu saya benar- benar longggar

 

4.     Saya mengajukan suatu pendapat di dalam suatu kelompok,namum usulan tersebut kurang tepat menurut teman kelompok saya.sikap saya adalah ...

A.     Marah besar

B.     Sangat kecewa

C.     Mencoba mencari alternative lain yang lebih tepat untuk diajukan

D.     Menerima atas penolakan tersebut

E.    Saya anngap itu hal yang wajar

 

5.     Pada saat saya sedang menuju ke arah kantor dengan motor, terlihat atasan saya yang sedang berjalan kaki. Hal yang akan saya lakukan adalah

A.        Memelankan rnotor saya dan mengucapkan salam kepadanya

B.        Saya akan menghentikan kendaraan dan memohon izin untuk mendahuluinya

C.        Menghentikan kendaraan dan menawarkannya tumpangan

D.        Melewatinya saja

E.         Saya akan mengurangi kecepatan sambil meminta izin uniuk mendahului

 

6.     Akhir-akhir ini banyak tayangan di televisi yang isinya kurang mendidik. Melihat fenomena tersebut menurut saya..

A.        Ingin menutup hak siar semua stasiun lelevisi

B.        Ingin protes pada semua stasiun televisi untuk mengganti tayangan lebih banyak

C.        Ingin menghujat semua stasiun televisi di media masa

D.       Ingin menggalang rnasa untuk melakukan demo terhadap pemerintah untuk segera

mengambil kebijakan

E.        Ingin mengajak pihak-pihak yang berwenang dan terkait untuk membahas kelayakan tayangan tersebut

 

7.     Ketika sedang santai dirumah, saya melihat seorang ibu yang sepeda motomya macet, sedangkan bengkel terdekat berjarak 100 meter dari rurnah, yang akan saya lakukan adalah...

A.        Menunggu saja apa yang akan dilakukan ibu tersebut

B.        Menunjukan bahwa 100 rneter lagi ada bengkel

C.        Menanyakan apa yang terjadi

D.        Membantu membawakan sepeda motor itu ke bengkel

E.         Memanggil petugas bengkel

 

8.     Teman kantor saya membedkan saya hadiah ulang tahun yang saya tidak sukai, sikap saya...

A.        Memberikan hadiah tersebut kepada orang lain

B.        Menggunakannya untuk keperluan saya

C.        Menyimpannya sebagai kenangan

D.        Menggunakannya untuk menyenangkannya

E.         Menyimpan dan tidak akan menyentuhnya

 

9.     Terdapat himbauan dan ajakan dari pemerintah kepada masyarakat terutama aparatur sipil negara untuk mengurangi pemanasan global akibat dari efek gas rumah kaca yang sudah terjadi hampir di seluruh belahan dunia, kontribusi yang dapat anda lakukan untuk mendukung program pemerintah tersebut sebagai seorang ASN yang setiap harinya berangkat untuk bekerja

A.     Menanami pekarangan rumah dengan pohon pohon hijau

B.     Menggunakan transpotasi umum untuk berpergian

C.     Mematikan peralatan listrik yang tidak penting

D.     Membuang sampah pada tempatnya

E.    Membatasi penggunaan limbah plastik dalam kegiatan sehari-hari

 

10.  Anda sedang melakukan diskusi dengan rekan kerja divisi anda, kemudian ketika diskusi berlangsung ada seorang rekan kerja anda yang mengusulkan sebuah ide yang menurutnya sangat baik, namun menurut anda hal tersebut beresiko besar jika tetap dilakukan, ketika anda memberikan tanggapan namun teman tersebut tidak menanggapi dengan sikap yang baik, seakan-akan tidak mau gagasannya di sanggah,sikap anda

A.     Diam saja dan mengikuti semua gagasannya demi menghindari konflik

B.     Memintanya untuk memberikan gagasan yang lebih realistis dan resikonya kecil

C.     Mengajaknya untuk bicara santai dan fokus pada tujuan awal

D.     Memintanya untuk memikirkan kembali gagasan yang diusulkan

E.    Keluar dari ruang diskusi dan memberitahukan kepada atasan

 

 

No comments:

Post a Comment

About

Popular Posts